Speaking; berawal dari ngide

Siapa disini yang pengen latihan speaking tapi nggak ada temen buat lawan bicaranya? Aku, aku ☝🏻

Dikesempatan kali ini, aku mau sharing singkat tentang caraku latihan speaking sendiri. Yuk mari kita simak bersama, gas ngeng! 


Dulu, awalnya aku ngerekam suaraku ngomong pake basing. Semacam bikin vlog atau life update, tapi bentuknya suara. Soalnya kalo video bakal makan memori penyimpanan banget kan. Asal muasalnya isi rekaman itu adalah curhat, karena abis ada kejadian yang kurang mengenakkan. Jadilah aku fafifu wasweswos, self talk ya bisa dibilang. Disitu aku menjelaskan gimana kejadiannya, gimana perasaanku, dan alasan sebenernya, in english. Ya jelas belepotan, ada jeda loading aku nyari kata yg aku pengen dlm basing, atau kadang campur basindo. Intinya berantakan deh, tidak diragukan lagi 😃👍

Tapi aku nggak peduli karena poinnya aku pengen curhat tapi nggak ada orang yg bisa dijangkau langsung (kejadian waktu pandemi, hiks). 


Beres ngerekam alhamdulillaah lebih lega dan tenang, karena setidaknya udh keluar unek-uneknya. Terus aku dengerin lagi rekamannya, dan aku ngide aku atur kecepatannya jadi 2x lipat. Pas denger versi dicepetin, aku mbatin, "lah, kok keren juga ya kalo aku ngomong basing cepet kaya gini". Padahal aslinya ngomongnya tuh pelaaan, sambil memproses kata-kata gitu kan. Tapi karena dicepetin, speaking-ku terdengar keren hihi.


Aku jadi mikir, kalo aku sering-seringin ngomong basing dan direkam (alias nambah jam terbang), mungkin nanti aku bisa selancar rekaman versi 2x lipat itu. Ibarat anak kecil ngaji dari iqra, terus lanjut ke quran dan seringin tilawah, lama-lama bakal lebih lancar, kan? Jadi bisa ngebut, malahan. Kalo kata orang, practice makes improvement. Maka kemudian aku melanjutkan kebiasaan self talk yang direkam itu, alhamdulillaah bisa jadi sarana aku latihan dan belajar sendiri menyusun kata demi kata dalam basing. 

 

Oiya, aslinya cara-cara buat latian speaking itu ada banyak, bukan cuma ini aja. Aku pernah coba ikut temen-temen latihan debat basing, atau pas ada temen yang bisa buat partner latian, ya kita nyoba ngobrol pake basing. Tapi kadang kita ga ada temen buat kaya gitu kan, atau emang belum ada momennya. Jadi yang aku sharing ini latian speaking versi mandiri, alias apa-apa sendiri. Cukup sedia hape buat ngerekam, dan voila, kamu bisa latian sesukanya! Dari pengalamanku, ini cukup ngebantu aku buat latian presentasi atau interview bahasa inggris. Hope this helps, feel free to discuss/sharing, barangkali ada yg punya tips dan trik lain 🙌🏻


Draft 25 Maret 2023 via whatsapp story

Diabadikan disini biar kesimpen >24 jam 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Surat Keterangan Kesehatan, Buta Warna, dan Bebas NAPZA di RSUD Banyumas

Bermuara

Obrolan empat di lima