A late life update: I'm an awardee of IISMA 2021!

Hi friends! It's been a while. 

IISMA (Indonesian International Student Mobility Award) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud merupakan semacam program pertukaran pelajar ke luar negeri selama satu semester untuk merasakan kuliah di berbagai universitas unggul dunia. IISMA dibuka untuk mahasiswa di seluruh Indonesia dari semester 4 ke atas. Program ini baru diluncurkan tahun 2021 lalu, dengan pendaftar sejumlah sekitar 2000 orang, yang kemudian memberangkatkan sekitar 1000 mahasiswa Indonesia ke berbagai macam universitas di berbagai negara. 


Alhamdulillaah, tahun 2021 kemarin aku lolos sebagai salah satu dari sekirar 1000 awardee program IISMA, tepatnya di Universiti Sains Malaysia di Penang, Malaysia. Cukup kaget dan nggak nyangka bisa lolos, dan karena kehidupanku selama ini selalu menjadi orang lokal (masih sekitaran Banyumas-Purwokerto), akhirnya keinginanku untuk merantau terwujud! 


mak, anakmu main ke tetangga 🙏🏻


Jadi untuk kedepannya, insyaAllah aku bakal berbagi cerita tentang pengalamanku selama satu semester, eh maksudku satu tahun kemarin. Semoga ada manfaat yang bisa diambil, yaa. 


Kenapa milih Universiti Sains Malaysia?



Kalau syarat teknisnya, aku nyari universitas yang nerima english proficiency test certificate yang aku punya, yaitu TOEFL ITP. Lalu yang paling mendasar adalah aku nyari course/mata kuliah yang masih bisa nyambung sama bidang ilmuku di kesehatan masyarakat. Karena tujuanku ikut IISMA ya buat menambah ilmu di tempat lain.


Pertimbangan lainnya adalah, apakah aku mau di negara tujuan itu? Siap nggak dengan kondisi di sana nanti? Kurang lebih begitulah dasar pertimbangan aku, sampai kemudian menjatuhkan ke kampus ungu di Penang ini. Mata kuliah yang aku incar waktu daftar adalah managerial psychology, communication and presentation skills, visual communication, dan organization behavior. Meskipun pada akhirnya mata kuliah yang ditawarkan hampir semuanya berubah karena keberangkatan kami diundur satu semester, aku amat sangat bersyukur bisa diberi kesempatan untuk merasakan kuliah di negeri orang! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Surat Keterangan Kesehatan, Buta Warna, dan Bebas NAPZA di RSUD Banyumas

Bermuara

Obrolan empat di lima